Minggu, 04 November 2018

Macam macam layanan google drive dan penjelasannya

  1. GOOGLE DRIVE 

  • Pengertian

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan.
Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer.

  • Fungsi

1. Menyimpan Data
Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.

2. Membuat dan mengedit dokumen
Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.

3. Mengakses fitur google lainnya

Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.

  • Manfaat Menggunakan Google Drive
Manfaat-manfaat yang ditawarkan google drive antara lain :
1. Google drive memungkinkan Anda untuk mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpan maksimal 5GB atau lebih, langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu. Selain itu, google drive juga mmeungkinkan pengguna untuk menshare foto, video dan dokumen dengan orang lain yang tersimpan dalam kontak.
2. Data yang tersimpan dalam google drive bisa diakses dimanapun dan dengan menggunakan komputer atau device yang berbeda karena file telah tersedia dalam web. Anda juga tidak perlu repot-repot menyimpan data dalam USB dan menggunakannya pada saat presentasi.
3. Tidak hanya tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa diakses melalui smartphone dan smartphone sehingga bisa diakses dengan lebih mudah bahkan saat dalam perjalanan.
4. Google drive tersinkronisasi dengan web browser sehingga pengguna bisa mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.
5. Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator ai. dan tipe file lainnya.
6. Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang discan dan disimpan dalam google drive. Misalnya saja jika kita ingin mencari nama seseorang yang ada pada sebuah lembaran koran yang discan dan disimpan dalam drive.

  • Aplikasi Google Drive

Quick Office
Quick office merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis di ponsel berbasis android. Aplikasi yang berukuran 13 mb ini sangat ringan digunakan di ponsel android. Sehingga membuat loading penyimpanan dan pembukaan file lebih cepat.





Google Keep adalah layanan pencatatan yang dikembangkan oleh Google . Diluncurkan pada 20 Maret 2013, Google Keep tersedia di web , dan memiliki aplikasi seluler untuk sistem operasi seluler Android dan iOS . Keep menawarkan berbagai alat untuk mencatat, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio.
Google Form
Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu Anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.
Google Gambar
Tata diagram, buat diagram alir, lalu tambahkan dengan mudah ke dokumen lain atau sematkan di situs web dengan Google Gambar.
Google Apps Script
Apps Script adalah platform pengembangan aplikasi cepat yang membuatnya cepat dan mudah untuk membuat aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan G Suite.
Google Fusion Table
Google Fusion Tables (atau hanya Fusion Tables) adalah layanan web yang disediakan oleh Google untuk manajemen data. Tabel fusi dapat digunakan untuk mengumpulkan, memvisualisasikan, dan berbagi tabel data. Data disimpan dalam beberapa tabel yang dapat dilihat dan diunduh oleh pengguna Internet. Situs web diluncurkan pada Juni 2009, diumumkan oleh Alon Halevy dan Rebecca Shapley.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CCLEANER

Nama               :Widhi Eka Putri Rizqiyadi Kelas                :X Tkj 1 No.Absen         :34 CCLEANER CCLEANER : Freeware Util...